Senin, 01 Desember 2014

Let's Go Donor Darah





Hayo Siapa yang takut Donor Darah ??
Apa sih Sebenarnya Donor Darah Itu ?
Ada Manfaatnya gak ya ??
Dari Pada Kepo mending dibahas yuk dalam artikel kesehatan yang singkat ini ..
Donor Darah itu artinya Mendonorkan/menyumbangkan darah kita kepada orang lain melalui organisasi yang disebut Palang Merah Indonesia (PMI).
Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia , Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian digunakan pada transfusi darah.
Nah sedikit cerita dari aku ya , .
Dalam hidupku , aku paling takut sama yang namanya “JARUM SUNTIK”. Pokoknya gak pernah kebayang deh dalam pikiranku yang namanya Jarum Suntik. Jangankan bayangin , mikirin saja ogah .. hahaha J. Emangsih waktu SD – SMP aku emang sering banget keluar masuk rumah sakit , yang karena DBD lah , MB lah , Maag lah , keracunan makanan lah , banyak deh pokoknya sampai gak bisa disebutin one by one. Kok jadi kayak Curcol gini ya .. langsung aja , pengalaman pertamaku donor darah itu pas aku kelas XII SMK ya bisa dibilang baru – baru ini sih. Kebetulan waktu itu sekolahku lagi ngadain acara yang disponsori oleh salah satu stasun televisi Swasta di Jawa Timur. Nah pas acaranya udah selesai , aku lihat di depan aula ada mobil PMI. Aku penasaran kan , akhirnya aku sama temenku asuk tuh ke aula mau lihat siswa – siswi yang lagi donor darah. Kebetulan lagi pas ada acara donor darah itu uang saku-ku uda abis , nah kata temen – temen kalau donor darah ntar dapet makanan ama minuman. Akhirnya timbulah niat donor darah biar dapet makan ama minum , hahaha (Modus) …
Awalnya aku takut banget , tapi aku disemangatin sama temenku. Aku yang tidak tau golongan darahku apa akhirnya menjalani proses yang namanya “TES DARAH”. Jadi prosesnya itu tangan kita kayak ditusuk ama jarum terus darahnya keluar itu dites kayak ama cairan warna biru , kuning dll. Akhirnya ketahuan kan golongan darahku apa , yaitu B. Selain itu aku juga memenuhi persyaratan untuk donor darah seperti berat badan , hemoglobin dll. Lalu aku duduk dikursi dan mulai donor darah. Gak kebayang jarumnya besarnya minta ampun , niatku yang ingin donor darah awalnya semangat menjadi loyo. Namun semangatk tumbuh lagi , masak udah daftar tapi dicabut lagi , malu – maluin deh. Akhirnya aku donor ditemani sama Bapak / Ibu guru dan teman dekatku , jadinya ada teman seperjuangan dan sependeritaan sakit deh , pikirku. Emang guys , awal mau donor darah itu rasanya dag dig dug , and pasri pada mikir jadi gak ya , sakit gak ya , pas darahnya diambil juga emang tangan rasanya kram tapi gak usah takut ya , itu Cuma sementara aja kok ntar lama – kelamaan juga gak gitu. Perlu di ingat juga donor darah banyak loh manfaatnya , So Don’t Worry ya guys.. Akhir cerita setelah donor aku dapat vitamin , minuman isotonic , sari kacang hijau sama makanan  , heheheh . Sekarang tiap di sekolahku ngadain donor darah , aku juga berpartisipasi tapi sekarang bukan karena makanan , tapi karena keikhlasan dan kesadaran akan pentingnya donor darah.

Itu sedikit dari ceritaku , untuk lebih jelasnya baca ya artikel dibawah ini .
Syarat donor darah
Untuk dapat menyumbangkan darah, seseorang mengisi formulir pendaftaran dan secara umum harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
  • calon donor harus berusia 17-60 tahun,
  • berat badan minimal 45 kg
  • kadar hemoglobin >12,5 gr%
  • tekanan darah 100-160 (sistol) dan 70-100 (diastol).
  • temperatur tubuh antara 36,6-37,5 derajat Celcius
  • tidak mengalami gangguan pembekuan darah (hemofilia)
  • denyut nadi antara 50-100 kali/menit
  • kadar hemoglobin baik pria maupun perempuan minimal 12,5 gram
  • tidak pernah menyumbangkan darah dalam jangka waktu 3 bulan sebelumnya
  • untuk menjaga kesehatan dan keamanan darah, calon donor tidak boleh pernah atau sedang menderita sakit seperti alkoholik, penyakit hepatitis, diabetes militus, epilepsi, atau kelompok masyarakat risiko tinggi mendapatkan AIDS serta mengalami sakit seperti demam atau influensa; baru saja dicabut giginya kurang dari tiga hari; pernah menerima transfusi kurang dari setahun; begitu juga untuk yang belum setahun menato, menindik, atau akupunktur; hamil; atau sedang menyusui.
Manfaat Donor Darah

1.  Bentuk kepedulian terhadap sesama
2.  Memperpanjang hidup oran lain
3.  Membantu hidup orang lain
4.  Satu kantong darah dapat menyelamatkan 3 nyawa
5.  Membantu menurunkan berat badan
6.  Membantu membakar kalori
7.  Deteksi dini resiko kesehatan
8.  Melindungi jantung
9.  Mencegah stroke
10. Mengatur kontrol kesehatan
11. Meningkatkan sel darah merah
12. Meningkatkan kapasitas paru-paru dan ginjal
13. Meningkatkan kesehatan psikologis
14. Membantu sirkulasi darah
15. Memaksimalkan darah dalam paru-paru
16. Menurunkan zat seng dalam darah
17. Memperbaharui sel darah baru
18. Mencegah resiko kesehatan
19. Mencegah penyakit langka
20. Menghilangkan kaku di pundak
21. Mengalahkan kelebihan zat besi
22. Mengetahui lebih lanjut tentang tipe darah individu

Tips persiapan sebelum donor darah :
  1. Beberapa hari sebelum donor, konsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi misalnya sayuran berwarna hijau ( bayam ), daging merah, ikan, unggas, kacang-kacangan.
  2. Untuk yang bermasalah dengan HB rendah, selama beberapa hari sebelum donor jangan minum kopi /teh karena akan membuat HB sulit bertambah.
  3. Minum banyak air, jangan berpuasa sehari sebelum donor darah dan hindari alkohol atau kebiasaan buruk lainnya.
  4. Usahakan cukup tidur, jangan begadang beberapa hari sebelum donor supaya tensi normal dan tubuh fit.
  5. Pada hari akan donor  harus sarapan kira-kira 1 jam sebelum melakukan donor.
  6. Konsumsi makanan sehat sebelum mendonor. Hindari makanan berlemak, seperti hamburger, kentang goreng atau es krim. Tes infeksi dilakukan pada semua darah yang disumbangkan dapat dipengaruhi oleh lemak yang muncul dalam darah selama beberapa jam setelah makan makanan berlemak.
  7. Untuk donor trombosit, ingatlah bahwa tubuh harus bebas dari aspirin selama dua hari sebelum donor.
  8. Setelah selesai mendonor berbaringlah sebentar untuk menghindari efek samping yang mungkin muncul. Biasanya kalau kurang persiapan donor, efek yang mungkin muncul adalah kesemutan di bibir / hidung, menggigil.
Tips sesudah donor darah :
  1. Minum banyak air selama 48 jam berikutnya karena tubuh memerlukan pengganti cairan yang hilang saat donor darah.
  2. Hindari aktivitasi fisik yang berat seperti olahraga atau angkat berat selama sekitar 5 jam setelah donor darah.
  3. Jika pusing atau melayang, tetaplah berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi dari kepala.
  4. Jika terjadi pendarahan di lengan setelah perban dilepas, angkat tangannya selama 3-5 menit.
  5. Jika ada memar di bawah kulit / hematom (warna merah, ungu, hijau), kompreslah lebam secara berkala dalam  24 jam.
  6. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi yaitu yang mengandung zat besi ( bayam, daging merah, kacang-kacangan ), asam folat ( hati, bayam, brokoli ),  vitamin B2 ( kacang-kacangan, susu, yoghurt ) dan B6 ( pisang, kacang-kacangan, daging merah, ikan, telur ) untuk mengisi kembali kehilangan zat besi dan vitamin dari dalam darah/ tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar